Benalu Kopi adalah anugerah Tuhan untuk kesehatan manusia. Tumbuhan BENALU sudah digunakan untuk kesehatan sejak ribuan tahun lalu. Saya hanya melakukan pengembangan sehingga mutu dan keaslian Benalu Kopi Sidikalang "BekopS" tetap terjamin untuk kesehatan. BekopS yang kami sediakan adalah layanan bersifat sosial, "TIDAK SEMATA-MATA BISNIS!" Inilah yg membedakan kami dengan pebisnis lain. Mutu BekopS yg anda terima bermutu sama dengan yg biasa saya konsumsi.

Minggu, 21 Oktober 2007

Apa Kata Wikipedia tentang BENALU

Silahkan Lihat Wikipedia Indonesia tentang Benalu
Benalu (Loranthus, familia Euphorbiaceae) adalah sekelompok tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang (dahan) pohon tumbuhan lain. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Tumbuhan ini menghasilkan getah yang lengket.
Persebaran tumbuhan ini terjadi dibantu burung (ornithokori). Apabila burung memakan buanya lalu mengekskresikan pada dahan pohon yang sesuai, bijinya akan berkecambah dan benalu muda tumbuh.
Benalu (bahasa Inggris: mistletoe) adalah nama umum yang populer untuk tumbuhan parasit dari ordo Santalales yang terdiri dari keluarga Santalaceae, Loranthaceae, dan Misodendraceae. Spesies yang termasuk keluarga Santalaceae dulunya sering digolongkan ke dalam keluarga Viscaceae.
Di kebudayaan Barat, daun mistletoe (benalu) yang tetap berwarna hijau di musim dingin digunakan sebagai hiasan Natal. Orang Eropa menggunakan spesies Viscum album, sedangkan spesies Phoradendron leucarpum digunakan di Amerika Utara. Rangkaian daun mistletoe digantung di depan pintu dan orang yang berdiri di bawah mistletoe boleh mencium orang yang disukainya.
Di Eropa, nama mistletoe dulunya hanya digunakan untuk spesies Viscum album yang tergolong famili Santalaceae dan merupakan satu-satunya spesies mistletoe asal Britania Raya dan daratan Eropa. Mistletoe juga digunakan untuk spesies Phoradendron leucarpum asli Amerika Utara dan tergolong famili Santalaceae. Sebagai contoh evolusi konvergen, beberapa tumbuhan famili Loranthaceae yang memiliki karakteristik yang mirip juga disebut benalu.
Spesies Viscum album memiliki helai daun berhadapan, berbentuk lonjong dengan tepi daun yang mulus, dahan berkayu dan memiliki buah yang berkelompok seperti buah beri berwarna krem. Sedangkan Phoradendron leucarpum walaupun terlihat mirip, memiliki daun yang lebih pendek dan lebar, serta buah yang berkelompok dalam jumlah lebih banyak. Di Australia terdapat 71 spesies yang termasuk famili Loranthaceae dan 14 spesies yang termasuk famili Santalaceae.
Sebagian besar spesies dapat tumbuh di berbagai jenis pohon. Walaupun biasanya cuma menghambat pertumbuhan tanaman inang, benalu yang menjadi terlalu lebat bisa mematikan tanaman inang. Sebagian benalu bersifat setengah parasit, daun tetap berwarna hijau sepanjang tahun, dapat melakukan fotosintesis sendiri, dan hanya bergantung dari tanaman inang untuk zat mineral dari dalam tanah. Genus Arceuthobium yang tergolong famili Santalaceae adalah salah satu contoh benalu yang bersifat parasit total, karena mengandalkan fotosintesis dan mineral dari tanaman inang.
Burung yang memakan buah benalu membantu penyebaran biji benalu. Biji tersebar bersama jatuhan kotoran burung di ranting-ranting pohon. Burung juga memakan daging buah benalu dengan cara menjepit buah dengan paruh sehingga biji terlepas dari daging buah. Setelah makan, burung juga diketahui suka membersihkan paruhnya pada ranting terdekat. Biji benalu berlapis getah lengket yang disebut viscin sehingga mampu menempel erat pada calon tanaman inang.
Dalam bahasa Inggris, asal-usul kata "mistletoe" tidak diketahui dengan jelas, tapi mungkin berasal dari bahasa Jerman "Mist" yang berarti kotoran hewan. Dalam bahasa Inggris kuna, "mistel" merupakan sebutan lain untuk tanaman basil.
Sejak dulu benalu hanya dianggap sebagai hama pembunuh pohon, tapi sekarang benalu diakui berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Berbagai jenis binatang memakan buah, daun, dan tunas benalu sambil menyebarkan biji benalu yang lengket ke mana-mana. Daun benalu yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun sering dipakai sebagai sarang bagi berbagai jenis burung. Di Australia terdapat lebih dari 240 spesies burung yang bersarang di kerimbunan daun benalu, atau kira-kira 75 persen dari spesies burung yang ada.
Kegunaan
Benalu populer di kalangan ahli pengobatan tradisional di Eropa. Di Jerman, tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit saluran pernafasan dan kanker[1] [2]. Selain itu, benalu juga sedang diteliti untuk pengobatan tumor. Walaupun penggunaan benalu belum diizinkan di Amerika Serikat, mistletoe sudah diresepkan di Eropa[3] [4].
Benalu disebut-sebut dalam mitologi Norse. Dewa bernama Baldur terbunuh dengan senjata yang dibuat dari benalu. Dalam mitologi Kelt dan ritual kepercayaan Druid, benalu digunakan sebagai penawar racun.
Pada tradisi orang Rumania, benalu (disebut vĂ¢sc dalam bahasa Rumania) dianggap sebagai sumber nasib baik. Di daerah pedalaman, tanaman ini masih digunakan sebagai obat dan dianggap memiliki kekuatan sihir.

Tidak ada komentar: